Sabtu, 17 Maret 2007

Darra, Toowong, West End etc

Darra, Toowong, West end adalah nama tempat-tempat populer bagi komunitas Indonesia di Brisbane. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti sayuran, daging dan buah-buahan serta bumbu masak, kita harus hunting di beberapa tempat tersebut. Berikut Ayah jelaskan mengapa tempat-tempat tersebut begitu populer bagi orang Indonesia.
Darra : di daerah ini ada supermarket yang menjual sayuran dan buah milik orang Vietnam. Tempat ini menjadi menarik karena di sini juga dijual ikan segar. Karena susah mencari ikan segar, makanya kalau mau makan ikan segar ya carinya ke Darra.
West End : Pasar tradisional sayuran yang bukanya cuma hari Sabtu. Paling dekat lokasinya dari Uni Queensland, cuma nyebrang sungai Brisbane. Kalau hari Sabtu, biasanya orang berbondong-bondong membeli sayur, ngga cuma orang Asia tetapi bule lokal juga belanja di sini, karena harganya bersaing dan banyak pilihan.
Toowong: Di sini hampir semua supermarket besar ada, seperti Kmart, Coles, Woolworth dan banyak juga Fast Food seperti McDonald. Ini merupakan salah satu tempat persinggahan sebelum melanjutkan perjalanan ke city, karena di sini ada stasiun kereta api Toowong.
City; adalah sebutan untuk pusat kota Brisbane, biasanya kesini cuma sekedar jalan-jalan atau cari kebutuhan yang berkaitan dengan komputer atau keperluan kuliah. Tujuan wisata yang terkenal adalah South Bank, yaitu pantai buatan disisi Sungai Brisbane. B$anyak tempat menarik untuk dikunjungi di City ini, seperti Roma Street Parkland, Botanical Garden dan gedung-gedung bersejarah.
China Town: atau sering juga disebut Valley. Perkampungannya orang China. Di sini ada Yuens supermarket yang menjual barang-barang Indonesia seperti Indomi, bumbu Kokita, Kopi atau Teh Botol. Tapi hati-hati kalau belanja ke sini, mesti diperhatikan betul-betul masa kadaluarsa barangnya. Terus ada juga Butcher Halal : Ismail, jadi kalau mau beli daging halal ya di Ismail ini.
Achai : kalau ini nama toko china yang paling populer di sekitar St Lucia. Kalau mau beli apa-apa yang kira-kira mendesak ya ke toko ini. Tapi kalau ada pilihan tempat lain, pasti milih belanja di tempat lain dulu. Soalnya harganya relatif lebih mahal dibanding supermarket besar seperti Coles atau Woolworth.
Dapur Bali : nama restoran Indonesia disekitar St. Lucia. Salah satu pilihan lainnya adalah Kebab, karena halal dan menjadi sesuatu yang menggelitik untuk di kenang.
Indoroopilly: salah satu pusat keramaian juga di suburb Brisbane. Posisinya seperti Toowong, karena disini ada supermarket besar.

Tidak ada komentar: