Minggu, 22 April 2007

Brisbane City

Bribane city At Night
Southbank
Kota Brisbane cantik sekali di waktu malam. Terutama bila kita memandangnya dari sisi South Bank atau Kangaroo Point, karena dari arah ini, keindahan gedung pencakar langit dengan lampu-lampunya nampak sangat menonjol sekali.
Kota Brisbane yang dibelah oleh Brisbane River memang sangat berusaha menjadi kota yang menarik. Sepanjang Brisbane River dibuat taman-taman dengan fasilitas yang lengkap seperti Barbeque area, taman bermain anak dan rerumputan yang luas dan menghijau, sehingga bila kita menyusuri sisi Brisbane River dengan berjalan kaki terasa sangat mengasyikkan. Tak heran, sepanjang pedestrian dan taman-taman disisi sungai akan kita temui banyak sekali keluarga dengan anak-anak dan pasangan muda atau bahkan sekumpulan remaja yang asyik bercengkrama menghabiskan waktu. Apalagi sungainya bersih, dalam dan lebar sehingga bisa dilewati oleh boat, perahu layar dan kadang dipakai juga untuk olahraga kano. Wah, pokoknya berada di pinggir sungai ini ngga bakalan membosankan deh.
Untuk pasangan muda, ah..bahkan oleh siapapun, sepertinya berjalan menyusuri tepi sungai ini di malam hari akan sangat romantis. Ngga usah ngebayangin yang serem-serem, karena walau agak sepi, sepanjang sungai relatif aman. Bahkan karena rada sepi, justru akan menambah nuansa romantis, ceilee.. Lampu-lampu gedung diseberang sungai, citycat (semamcam bus sungai) dengan lampunya yang berkedip-kedip atau suara air yang berkecipak. hmmm..romantis banget ya..
Mau menyusuri sungai dengan Citycat juga boleh. Dengan AUD2 (harga concesion di hari libur untuk students), kita bisa sepuasnya menyusuri sungai. Citycat-nya aman dan nyaman koq. Asyik banget duduk diluar (geladak), diterpa angin sambil memandangi aktivitas di pinggir sungai..apalagi kalau sama pasangan atau keluarga, wah ngga usah pakai kapal pesiar lagi deh. Udah terasa naik kapal Titanic, tapi ngga pakai tenggelam ya:)
Kalau lapar ngga usah bingung, buat kita yang muslim ada pilihan Kebabs (makanan Turky) atau restoran Turky yang sebagian besar halal atau restoran cepat saji (cuma Nandos -restoran ayam goreng) yang halal. KFC, McD atau Pizza Hut (kaya'nya) ngga halal deh. Tinggal siapin kantongnya aja, yang ada dollar nya tentu. Kalau mau hemat ya bawa bekal sendiri,akan jauh lebih murah. Minum juga tersedia dimana-mana, ngga khawatir mesti bawa-bawa air minum, kecuali emang pingin yang special ya. Kalau cuma air putih sih, banyak tapwater yang tersebar disepanjang jalan dan taman. Hmmm, murah ya..
Nah, jadi inget Jakarta kalau begini. Kapan ya, Jakarta bisa jadi kota yang nyaman ditinggali, dengan fasilitas taman yang luas, indah dan bersih serta akses hiburan untuk penduduknya murah dan mudah? Gimana juga ya dengan rencana Pemda DKI yang pingin bikin angkutan sungai di Kali Ciliwung? Ih, ngga kebayang, dengan kondisi sekarang, jangan-jangan saat naik perahunya bukan keyamanan yang di dapat tapi bau dan tebaran sampah dimana-mana..ah semoga ngga terjadi..

Tidak ada komentar: