Jumat, 08 Juni 2007

[Masih] [tentang] [musim] [dingin] [dan] [sholat] [Jumat]

Hari ini dingin banget. Emang sih ini musim dingin, kemarin-kemarin ayah masih tahan untuk ngga pakai baju hangat dan kaos kaki, tapi hari ini biar udah pakai kaos kaki dan baju panjang tetap terasa dingin.

Kalau begini terus, apa ayah bisa kuat ya pas ujian nanti nahan dinginnya. Soalnya ujian semester ini jam 6 sore, bisa-bisa suhu pada saat itu berada di bawah 10 derajat Celcius..wah gawat.

Sholat Jumat
Hari ini sholat jumat di Mesjid Darra-Oxley, suburb lain di sekitar Brisbane. Pertama kali merasakan sholat Jumat di mesjid, ternyata khotbahnya pakai bahasa Arab. Jadi wejangannya disampaikan sebelum prosesi sholat Jumat dimulai. Sang Khotib menyampaikan nasihat-nasihat dalam bahasa Inggris sesekali diselingi bahasa aslinya dia (kalau ngga Fiji, India atau Pakistan..ga bisa mengenali).Selesai itu, baru deh rangkaian sholat Jumat dimulai, dengan khotbah yang seratus persen bahasa Arab. Selanjutnya semua sama dengan yang kita lakukan di Indonesia.

Ternyata khotbah berbahasa Arab seratus persen ngga hanya ayah temui di Mesjid Bintaro (Rawapapan) di Jakarta Selatan. Prosesi seperti ini juga pernah ayah alami waktu sholat Jumat di daerah Cisarua - Puncak Bogor. Sang khotib berceramah dalam bahasa Indonesia, baru kemudian membacakan khotbah dalam bahasa Arab.

Selesai sholat ada makan bersama. Ayah ngga tau, apakah makanan yang disediakan itu sumbangan atau kita mesti beli. Ngga sempet mengexplore lebih jauh, soalnya temen-temen udah keburu ngajakin pulang. Padahal pingin juga tuh nyoba makan dengan suasana seperti ini. Hi.hi.. dasar explorer..

Waktu sholat jumatnya juga masih tepat waktu, ngga seperti sholat Jumat di kampus UQ yang agak lama mulainya. Jadi, kalau seperti di UQ, baru selesai sholat Jumat sebentar kemudian masuk waktu sholat Ashar. Dan, ayah juga masih sempat beli daging halal di butcher halal di Oxley.

Alhamdulillah hari ini punya pengalaman baru lagi. Ayah berharap akan menemukan banyak pengalaman baru selama satu setengah tahun kedepan, biar ngga bosan. Selain itu juga sebagai bekal pengalaman hidup dan cerita buat anak dan cucu.

Tidak ada komentar: