Jumat, 17 Agustus 2007

Sepanjang The Brisbane River

Tulisan ayah ini dimuat di edisi Koki Senin 13 Agustus 2007, ini linknya:
http://community.kompas.com/index.php?fuseaction=home.detail&id=40218§ion=92

Hallo zev and kokiers semua.. mumpung Jakarta baru punya gubernur baru si Bang Kumis itu, mau cerita tentang sungai ah.. soalnya sungai-sungai di Jakarta banyak tapi ngga terawat dan kotor banget. Mudah-mudahan aja, Bang Kumis atau staff-nya sempet baca Koki, terus jadi dapet ide gimana ngurusin sungai di Jakarta. Hmm,.. menghemat APBD juga kan? Karena ngga perlu acara study banding atau kunjungan kerja ke luar negeri.. he.he.

Pemerintah Kota Brisbane memang serius banget merawat dan memanfaatkan sungai The Brisbane River yang membelah kota ini. Ngga percaya? Coba deh telusuri sepanjang sungai ini.. yang terlihat cuma keindahan dan kerapihan sepanjang sisi sungai. Sepanjang sungai dibuat taman untuk interaksi warga kota, lengkap dengan mainan anak dan arena barbeque. Pokoknya bisa dijadikan tempat wisata yang murah dan mengasyikkan.

Untuk menikmati keindahan Brisbane River, pemkot Brisbane menyediakan angkutan sungai yang asyik banget, murah, bersih dan aman, namanya Citycat. Bener-bener seperti kucing kota deh, lincah menyusuri sungai dan bikin penumpangnya amat menikmati perjalanan. Walau Citycat ini cuma menyusuri dua zone, namun dua zone tersebut merupakan wilayah yang memang paling menarik untuk dilihat.
citycat

Nih, sedikit saya ceritain, apa aja yang ada di sepanjang sungai Brisbane:

South Bank Parkland
Ini adalah sebuah taman yang spektakuler menurut saya. Betapa ngga, ditengah kota, sempet-sempetnya pemkot Brisbane punya ide buat bikin pantai buatan yang bener-bener mirip. Ada ombak dan pasir putihnya segala. Benar-benar mirip pantai aslinya, pake ada penjaga pantai segala. Jadi buat yang doyan cuci mata, ngga perlu jauh-jauh ke Gold Coast deh buat lihat yang bening-bening.. he.he.. Malahan buat anak-anak disediakan juga arena bermain tambahan seperti taman air mancur. Pasti anak-anak ngga mau pulang deh kalau sudah bermain ke sini.
brisbane at night

Selain itu, disini juga ada fasilitas pendukung dan sarana rekreasi yang lain. Ada Suncorp Piazza yang dipakai buat acara musik atau pertunjukan seni. Bioskop, restoran, museum..pokoknya segala ada. Dan semuanya gratis!! Eh ngga ding, kalo nonton dan makan mah mesti bayar dong..

Kangaroo Point
Dari sini kita bisa menikmati keindahan CBD Brisbane, soalnya letaknya lebih tinggi. Apalagi kalo ingin menikmati kota Brisbane dengan kerlip lampunya diwaktu malam…hmmm.. asyik banget. Buat yang seneng poto narsis, tempat ini bagus banget buat mejeng dengan keindahan kota Brisbane dan sungainya sebagai background.

Karena Kangaroo Point ini adalah tebing, kadang dimanfaatkan juga sebagai arena panjat tebing. Dan disini juga jadi salah satu tempat favorit buat bikin acara keluarga, seperti barbeque atau sekedar kumpul-kumpul.

Riverside
Kalo bahasa Indonesianya pinggir kali. Tapi disini dipenuhi dengan restoran dan cafe. Ada juga Brisbane Sunday Market kalo hari minggu.. dekat sini juga ada Botanical Garden yang indah dan terawat. Di Riverside juga ada tempat buat kapal-kapal kecil bersandar Keren banget deh ngeliatin kapal-kapal kecil tersebut berjajar rapi.
riverside

Story Bridge
Ini jembatan paling terkenal di Brisbane. Juga sebagai salah satu tujuan wisata karena wisatawan bisa menikmati sensasi menaiki tiang baja jembatan ini. Paling asyik memandangi jembatan ini pas watu malam. Karena lampu yang menghiasi sepanjang sisi tiang baja, membuat jembatan ini meriah dan tampak menonjol. Indah banget deh pokoknya.
storybridge

Hmm.. sebenernya masih banyak lagi sih yang menarik, tapi lain kali aja deh diceritain lagi. Mudah-mudahan aja kali Ciliwung bisa dibuat kaya The Brisbane River. Mimpi? Ngga ah, kalo ada kemauan pasti ada jalan. Apalagi kalo Bang Kumis eh Gubernurnya serius dan didukung seluruh warga kota, Ciliwung bisa seindah dan senyaman sungai-sungai lain.

Tidak ada komentar: