Senin, 26 November 2007

Byron Bay - New South Wales

Mengexplorasi keindahan alam benua Australia memang seakan tidak ada habisnya. Kepiawaian pemerintah Australia untuk melestarikan dan menjual daya tarik alamnya memang patut diacungi jempol. Dengan sumber daya manusia dan kemampuan dana yang cukup, pemerintah dapat mengelola dan membangun fasilitas yang lengkap dan nyaman bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati pesona wisata yang ada.



Salah satu tempat wisata yang dikelola dengan baik adalah Byron Bay di negara bagian New South Wales. Di sini wisatawan dapat menikmati perpaduan pantai yang indah sambil mengunjungi salah satu landmark yang sangat menarik yaitu Light House alias mercusuar yang dibangun tahun 1901.



Untuk mencapai Light House yang berada di semenjung Byron Bay ini, dibangun track untuk pejalan kaki yang melewati spot spot pemandangan alam yang indah luar biasa. Sebelum atau sepulang dari Light House ini, kita bisa menikmati keindahan pantai yang mengelilingi semenanjung Byron Bay, seperti pantai Watego yang menjadi favorit para peselancar.



Kita juga bisa menikmati Julian Rock yang menyatu dengan Byron Bay. Menurut mitology masyarakat local yang disebut Koori, batu ini merupakan tempat tinggal penguasa alam semesta yang bernama Nguthungulli. Suatu hari seorang laki-laki Koori bernama Wao mengikuti dua ekor Emu (burung besar khas Australia) yang merupakan roh dari saudaranya yang telah meninggal bernama Jarring. Wao mengikuti burung tersebut dari Woodenbong sampai Byron Bay. Di tempat ini, Wao diajak oleh Nguthungulli ke tempat tinggalnya di gua, kemudian ia diberikan sebuah lagu yang kemudian diajarkan kepada masyarakatnya.

Sedang versi lain, menyebutkan formasi batu ini terbentuk karena sepasang kekasih dari suku yang berbeda yang saling mencintai namun tidak disetujui oleh kedua orang tua mereka. Mereka kemudian menenggelamkan diri ke dalam laut dan berubah menjadi batu.

Oh ya, untuk menikmati keindahan alam dari Byron Bay ini, sebaiknya adalah saat matahari tenggelam atau matahari terbit. Memang sih, untuk mendapatkan matahari terbit, kita mesti rela bangun sebelum fajar dan berjalan kaki cukup jauh dari pantai utama (tempat penginapan) selama kurang lebih tiga puluh menit, karena tidak ada angkutan umum untuk mencapai Light House ini. Tapi jangan takut, semua kelelahan akan terbayar lunas sesampainya di sana karena kita akan mendapatkan sungguhan pemandangan alam yang luar biasa, pesona matahari terbit dan keindahan pantai-pantai disekeliling semenanjung Byron Bay.

Dimuat di Koki edisi 26 November 2007
http://community.kompas.com/index.php?fuseaction=home.detail&id=51954§ion=92

Tidak ada komentar: