Jumat, 02 November 2007

Wawancara imajiner dengan Siti Nurhaliza

Ramai-ramai ngomongin masalah Malaysia yang mengklaim beberapa jenis budaya khas Indonesia sebagai budaya mereka dan mempatenkannya di dunia internasional, saya jadi penasaran. Penasaran saya adalah ingin mendapatkan bagaimana tanggapan artis Malaysia tentang masalah ini. Soalnya, kasus ini menyangkut masalah seni dan budaya.

Dan saya pun berkhayal menemui salah satu penyanyi Malaysia paling terkenal dan memang menjadi salah satu idola saya. Siapa lagi kalau bukan Siti Nurhaliza, penyanyi cantik yang lembut, sopan dan bersuara merdu.

Ceritanya, saya berhasil menghubungi tim kreatif Siti untuk melakukan wawancara di Kuala Lumpur, di rumah Siti yang megah bagai istana yang dia tinggali bersama Datuk Khalid. Saya diterima diruang tamu yang megah dan mewah dengan perabotan yang serba wah. Tampak foto-foto mesra Siti dengan sang suami terpampang di dinding. Ih, bikin ngiri dan cemburu aja.. coba seandainya saya yang disamping Siti..uuppss..he..he..

Berikut petikan wawancara imajiner saya dengan Siti Nurhaliza (SN) dan saya sebagai wartawan Koki (ih, ngaku-ngaku..) Jamil Rifqi Rizky (JRR).

JRR: Selamat siang Siti? Apa kabar?
SN: Baik, Alhamdulillah, saya harap awak juga dalam keadaan sehat walfiat ya.. (Siti tersenyum, wuih.. manis banget, kaya’ es mambo)

JRR: Siti, bagaimana tanggapan Siti tentang masalah lagu-lagu Indonesia yang diakui Malaysia sebagai lagu Malaysia?
SN: Siti rase juga bingung, sebab semasa Siti kecil, di sekolah dulu sejak derajat satu sudah diajar lagu-lagu tersebut. Jadi, Siti menganggap itu lagu Malaysia juga. Makanya ketika masyarakat Indonesia ramai mempermasalahnya, Siti rase bingung juga, mana yang betul.

JRR: Tapi pemerintah Indonesia mempunyai banyak bukti yang meyakinkan bahwa lagu tersebut milik Indonesia.
SN: ya biarlah semua dibuktikan. Tapi, menurut hemat Siti, bagaimanapun janganlah masalah ini membuat kita bergaduh. Hubungan mesra kita jangan sampai putus. Siti rasa sayang kalau masalah ini merosakkan semua.

JRR: tanggapan Siti tentang adanya larangan untuk Siti tampil di Indonesia?
SN: Siti sangat menyesalkan, karena ramai sangat peminat Siti di sana. Siti sudah rindu jumpa peminat Siti. Siti sudah merasa seperti rumah sendiri kalau di Indonesia.

JRR: Siti tidak takut kalau diundang ke Jakarta?
SN: Siti percaya masyarakat indonesia tidak lah kasar. Kalau diundang Siti pasti hadir.

JRR: ada pesan untuk penggemar Siti di Indonesia
SN: Tunggu lah kedatangan Siti. Siti pasti akan mengelar konsert Siti di sana. Siti suka dengan peminat Siti yang selalu hangat kepada Siti.

Waduh saya kehabisan pertanyaan nih. Bingung nanya apa lagi ya?

JRR: terima kasih ya Siti? Mungkin segini dulu aja kali ya.. oh iya, ada pesan khusus untuk pembaca Koki
SN: Siti senang dengan para Koki, mereka kreatif sangat dan tulisannya bagus-bagus.

Aduh, si Siti bohong nih, masa sih dia baca Koki juga.. tapi ah siapa tau Koki juga populer di Malaysia. Wah, gawat nih bisa-bisa nanti diklaim sebagai produk Malaysia juga nih. Wah mesti buru-buru bilang Zev nih supaya Koki segera dipatent-kan.

JRR:
Udah ya Siti, saya mau pulang dulu
SN: lo kok tergesa-gesa..

Siti kebingungan, saya melangkah cepat-cepat, mau lapor Zevi supaya Koki cepat dipatent-kan.

Disclaimer: Semua isi wawancara sepenuhnya imanjinasi saya. Mohon maaf kalo bahasa Melayu nya ngga tepat, namanya juga orang Indonesia asli.

dimuat di Koki Kamis 1 November 2007
http://community.kompas.com/index.php?fuseaction=home.detail&id=49047&section=92

Tidak ada komentar: