Kamis, 16 April 2009

Gunung Kapur - Ciseeng Bogor

gunung kapur - ciseeng
Libur panjang karena berbarengan antara Hari Pemilihan Umum 2009, libur paskah dan libur Sabtu Minggu kemaren bener-bener asyik banget.

Pas hari pemilu (9 April 2009), kami mencontreng di TPS dimana nama kami terdaftar. Tapi kayanya pemilu kali ini tidak seseru tahun-tahun dulu ya. Semua tenang dan adem ayem aja. Hari Jum’at alhamdulillah bias menikmati sholat jumat di mesjid dekat rumah. Kesempatan bias sholat jumat di mesjid dekat rumah kan jarang-jarang. Maklum aja namanya juga pekerja, jadi kalo ngga liburan kan ngga bias jumatan dirumah.

Hari Sabtu kami sekeluarga jalan-jalan ke pemandian air panas Tirta Sanita di Ciseeng Kabupaten Bogor . Minggunya istirahat karena hari Senin kan dah mesti aktivitas seperti biasa lagi.

Nah, khusus kegiatan jalan-jalan ke Ciseeng lumayan seru juga tuh. Kami sekeluarga kan ngga punya mobil, jadi terpaksa jarak Jakarta-Ciseeng ditempuh dengan sepeda motor. Wuiihh ternyata jauh dan capek banget ya. Untung kami kompakan, jadi selama perjalanan kami saling menunggu dan memperhatikan satu sama lain.

Berangkat jam 9 pagi dari rencana jam 8 pagi, kami sampai di Ciseeng sekitar pukul 10.30 menjelang siang. Langsung kami semua mandi-mandi air belerang yang konon bermanfaat untuk kesehatan kulit. Seru juga ya berenang ramai-ramai, lucu dan rasanya seperti kanak-kanak lagi.

Habis mandi, makan siang yang sudah disiapkan ludes dalam sekejap. Enak bener emang kalo makan sehabis berenang, apalagi lauknya empal plus tahu, lalapan dan sambel goreng pete. Hmm… enak bener..Pokoknya terasa banget deh enaknya ngumpul bareng keluarga, apalagi kalo bener-bener kompak.

Terus mengenai kondisi fasilitas pemandian ini, menurutku sih cukup memprihatinkan. Kolam airnya ngga panas lagi, kecuali untuk yang dikamar-kamar. Udah gitu, yang agak menyebalkan sekarang juga mulai dibuat taman bermain yang berpotensi merusak keasrian lokasi wisata ini. Pokoknya payah deh pengelolaan tempat wisata ini.

Gunung kapurnya sendiri yangmerupakan sumber air panas juga sudah tidak seperti dulu lagi. Padahal, kata mertua saya.. dulu air panasnya masih mengalir alami. Entah mengapa sekarang sudah ngga keluar lagi.. sayang banget ya.. (Ohh iya.. kalo orang kampung bilang sih, sebenernya tempat ini namanya Gunung Kapur karena emang ada Gunung Kapur kecil disini. )

Saya sempet juga sih mendaki gunung kapur kecil ini dan mengambil beberapa gambar. Ya, lumayan lah masih ada pemandangan sawah disekelilingnya. Cuma pesan saya, kalo emang mau datang kesini jangan berharap terlalu banyak deh.. pokoknya untuk wisata murah meriah yah sebanding lah..

Gunung kapur.. mudah-mudah masih terus akan terawatt ditahun-tahun yang akan datang..

Tidak ada komentar: