Minggu, 04 April 2010

Pasar Burung Jatinegara


Terletak di kawasan Jatinegara, Pasar Burung Jatinegara (PBJ) seolah melengkapi kesemrawutan Jatinegara yang memiliki banyak pasar tradisional dan modern, sebut saja pasar batu akik dan barang bekas, Pasar Jatinegara dan Pusat Grosir Jatinegara.

Membahas PBJ membuat saya mual ingin muntah. Memprihatinkan, selain kotor dan semrawut, perilaku pedagang dalam memperlakukan binatang yang mereka jual membuat saya menyimpulkan: betapa kejamnya orang Indonesia terhadap binatang. Terutama untuk binatang yang seharusnya bukan untuk dipelihara seperti monyet, kelelawar, dan beberapa binatang liar dan agak buas.

Dalam kandang yang amat tidak layak, mereka dijajakan begit saja tanpa perawatan yang memadai. Beberapa binatang tampak stress dan yang paling kasihan adalah monyet yang menurut saya lebih mirip seperti manusia. Sungguh, hati saya seperti teriris menyaksikan nasib para binatang-binatang itu.

Sungguh, kalau bukan karena anak saya merengek-rengek minta dibelikan hamster, saya ngga bakalan mau memelihara binatang selain ikan hias. Bagi saya, mengurung mereka dalam kandang, jelas telah merenggut hak-hak mereka sebagai binatang. Apalagi memperjual belikan binatang yang masih anak, kasihan banget..

Ya, Allah berilah negeri ini kemakmuran agar nasib binatang yang hidup di negeri ini tidak mengalami nasib yang menyedihkan,.. aminn

Tidak ada komentar: