Jumat, 14 Januari 2011

M3n94ku S4l4h


Mengakui kesalahan memang berat dan hampir semua orang akan berat mengakui kesalahannya. Tapi ternyata dibalik itu semua, mengaku bersalah dan kemudian meminta maaf mampu membuat sesuatu menjadi lebih baik dan bergerak ke arah ayng positif.

Ya, seperti kali ini. Saya secara ceroboh telah memutuskan sesuatu tanpa terlbih dahulu mempertimbangkan dampak yang akan terjadi. Akibat keputusan ceroboh tersebut, saya membuat seseorang menjadi terluka dan kecewa. Kekecewaan tersebut berbuntut pada suasana yang tidak nyaman bagi lingkungan.

Untungnya, saya cepat mengetahui dampak keputusan ceroboh tersebut. Sehingga walau pun sangat sulit untuk mengungkapkan permohonan maaf dan menyampaikan alasan mengapa saya membuat keputusan ceroboh tersebut (maksudnya agar orang tersebut mau memaklumi)tetap saja pada saat mengutarakan kedua hal tersebut saya tak kuasa untuk memupus rasa gorgi saya.

Tetapi, memang semuanya berubah menjadi lebih baik setelah saya meminta maaf. Rasa sungkan karena merasa bersalah, sedikit berkurang sehingga saya lebih mudah untuk memulai komunikasi. Selain itu, si pihak yang saya kecewakan juga -saya yakin- lega karena telah menyampaikan kekesalannya kepada saya.

SO, ternyata mengakui kesalahan kemudian meminta maaf dan tidak mengulanginya lagi memnag harus dilakukan.. dan jangan pernah takut dan sungkan untuk melakukannya.

Tidak ada komentar: