Selasa, 18 Oktober 2011

Telor Asin - Brebes

Salah satu kegiatan yang menarik bila mengunjungi suatu tempat adalah berburu makanan khas tempat tersebut. Entah itu berupa makanan utama seperti nasi dan lauk pauknya, penganan ataupun makanan kreasi khusus yang memang terkenal dari tempat tersebut.

Nah, untuk Brebes di Jawa Tengah, yang pasti sangat terkenal adalah telor asin Brebes. Selain memang sebagai daerah sentra peternakan bebek, masyarakat Brebes juga berhasil mengolah telor bebek menjadi telor asin yang memang berbeda dari telor asin yang dihasilkan oleh daerah lain.

Walaupun saat ini telor bebeknya tidak sebesar beberapa waktu yang lalu, tetapi kualitas telor bebek asin Brebes tetap masih juara. Rasa asin dan kuning telor yang sudah berwarna hampir kecoklatan serta seolah terasa ada butiran justru memberikan sensasi rasa tersendiri bagi penikmat telor asin. Pokoknya cocok untuk dimakan langsung (bagi yang suka sensasi rasa asin) atau teman makan nasi.

Bagi saya sendiri, telor asin Brebes memang istimewa. Walaupun sekarang saya kadang tidak tahan dengan rasa asinnya, tetapi saya berusaha untuk tetap menikmati telor asin Brebes tersebut tanpa nasi. Asinnn, tapi saya suka.

Dan ketika dalam perjalanan pulang dari menghadiri pernikahan keponakan di Boyolali, Brebes adalah salah satu incaran untuk mencari oleh-oleh. Telur asin adalah pilihan pertama, selain bawang merah (ibu-ibu sibuk membeli bawang merah, buat apa juga? di Jakarta juga banyak.. ??) dan pilus. Dan saya membeli 30 butir telor asin buat oleh-oleh di rumah dan teman-teman kantor.

Tidak ada komentar: