Kamis, 14 Juni 2012

Diklat Kompetensi Khas : Motivasi dan Pemberdayaan

11- 13 Juni 2012, saya diikutikan dalam Diklat Kompetensi Khas (DKK) : Motivasi dan Pemberdayaan. Tujuannya tentu saja agar saya dapat lebih termotivasi dan kemudian bisa menularkan motivasi ke pada teman-teman yang lain.

Terus terang, dengan mengikuti kegiatan pelatihan seperti ini banyak hal yang saya dapatkan. Tidak hanya terkait dengan ilmu yang saya dapatkan dari tema pelatihan, namun juga pernik-pernik lain yagn tidak kalah bermanfaat.

Contoh kecilnya adalah mengenai teman-teman saya yang di tempatkan di berbagai daerah di Indonesia. Sering sekali mereka cerita tentang tempat mereka bekerja. Sedih rasanya karena yang mereka ceritakan sering kali adalah mengenai tantangan di daerah. Seperti teman diklat yang berasal dari salah satu instansi yagn ditempatkan di Papua.

Menurut teman saya itu, betapa tingginya tingkat stress teman-teman yang ditempatkan di Papua. Sampai-sampai banyak teman-temannya yang jadi pemabuk untuk menghilangkan tingkat stress yang dihadapi. Apalagi bila ingat betapa tingkat kriminalitas juga begitu tinggi.. serem deh..

Kalau sudah begitu, baru deh rasa syukur dalam hati saya membuncah. Betapa tempat kerja dan fasilitas kerja yang saya miliki begitu istimewa dan mewah. Semua serba ada dan mudah di dapatkan. Komputer walau dengan spek sederhana namun masih berguna dengan baik. Gedung yang nyaman, sejuk dan mudah di akses. Wah..wah.. dengan perbandingan dengan yagn dirasakan teman-teman yang ada di daerah, harusnya tidak boleh lagi ada kata malas untuk bekerja.

Singkat cerita, DKK kemarin telah memberikan saya banyak manfaat dan pengalaman batin yang luar biasa..


Tidak ada komentar: