Selasa, 13 November 2012

Museum Pembela Tanah Air (PETA) - Bogor


 Kalau bukan karena kebetulan menghadiri resespsi pernikahan seorang teman kantor yang mengadakannya di Gedung Sudirman, Kompleks Museum Peta - Bogor, saya mungkin ngga akan pernah tahu bahwa ada Museum Pembela Tanah Air di Bogor. Bahkan ,saat saya googling mengenai museum ini, informasi yang saya dapatkan hanya dari laman Dinas Pariwisata Kab. Bogor.. duh sayang nya..
Patung Jenderal Sudirman, Museum Peta Bogor

Meskipun dalam pelajaran sejarah di sekolah, saya sudah tidak asing lagi dengan keberadaan Pasukan PETA sebagai salah satu pasukan yang melawan penjajahan Belanda dalam perang kemerdekaan, namun saya dan mungkin sebagian besar masyarakat ngga tahu kalau ada museum mengenai Pasukan PETA. Bahkan, warga kota Bogor pun mungkin ngga tahu kalau di sana ada musem tersebut.

Salah satu kalimat penggugah semangat
Saat mengunjungi resepsi teman saya tersebut, saya dibuat kagum dengan keberadaan museum ini. Dari jalan masuk memang kelihatannya museum ini sempit, tapi bila kita sudah masuk ke areal museum, kita akan menemukan betapa luasnya kompleks museum ini. Selain itu, hal lain yang membuat saya kagum adalah betapi terawatnya gedung-gedung tua disini. Itu lah mungkin salah satu kelebihan tentara, mereka disiplin dalam merawat barang-barang yang menjadi tanggung jawabnya.
Gedung bekas barak di Museum Peta- Bogor

Selain museum, sebagian gedung ini juga difungsikan untuk sekolah pendidikan tentara. Saya dan temen-temen sempat berpapasan dengan tentara yang sedang berlari rapi di siang bolong nan terik. Ih.. bener-bener deh, jadi tentara memang harus kuat ya..
Diorama di belakang patung Jend. Sudirman

Kompleks Museum Peta- Gedung bekas Barak PETA
Kembali ke museum. Di lokasi ini, mata kita akan dimanjakan oleh gedung-gedung berarsiktektur barak-barak tentara. Bahkan, beberapa gedung masih dipakai untuk kegiatan belajar mengajar, barak tentara dan ruang lainnya. Bagi yang penasaran dengan kehidupan tentara, mungkin baik juga berkunjung di museum ini. Sayang banget, saya hanya sebentar dan tak sempat mengeksplor lebih jauh, seperti melihat koleksi museum dan yang lainnya.. tapi, bagi saya, museum ini cukup menarik untuk dikunjungi siapa saja.. Yuk ke museum

Tidak ada komentar: