Kamis, 28 Februari 2013

Sayur Asem Joglo

Ketika diajak mampir untuk makan siang di sebuah warung makan dengan menu sayur asem, saya sempet heran, apa istimewanya ya? Apalagi ketika melihat bahwa warung sayur asem tersebut begitu penuh, sehingga kami harus menunggu sebentar untuk mendapatkan bangku kosong.

Sayur asem dan teman-temannya.. seger!!
Sekilas, rumah makan ini benar-benar tidak berkelas. Bangku dan meja kayu panjang seadanya dengan lantai yang tidak di ubin alias dibiarkan begitu saja membuat warung makan ini terkesan tidak terlalu memikirkan konsep sebuah rumah makan. Apalagi dinding dan penataan ruang yang terkesan seadanya. Pokonya tidak menarik lah menurut saya.

Sayur Asem terkenal, potongan sayurannya asal deh
Ternyata penampakan luar tak selalu sama dengan penampakan rasa. Menu utama yang dihindangkan pun yaitu sayur asem, penampilannya seadanya. Potongan sayurannya asal alias tidak memperhatikan estetika penyajian makanan. Dihidangkannya pun tidak di mangkuk seperti penghidangan makanan berkuah pada umumnya, tetapi di piring makan biasa. Aduh, pokoknya Betawi banget deh ini warung, asal geboy.. he..he..

Pengunjungnya penuh pas makan siang
Tapi , cobalah seruput kuah sayur asemnya.. maknyoss.. asem seger dengan rasa sayur alami. Saya yakin sayur asemnya tidak pake penyedap rasa.. alami rasanya. Seger.. Ditemani tempe goreng, ikan asin dan sambel terasi.. wusshhh.. makan siang jadi terasa istimewa. Walaupun suasananya warung betawi  tempo dulu yang tradisional, ternyata penggemar sayur asemnya bejibun. Pokoknya uenak.. Harganya pun, bersahabat dengan kantong. Dengan menu lengkap, ber 14-orang, cuma habis sekitar Rp280.000-an.. murah banget kan?


Sederhana banget tampilan warungnya..
Kalau ngga ingin kehabisan, jangan terlalu siang mengunjungi warung ini, bisa ngga kebagian sayur asemya yang seger.. kalau mau berkunjung alamattnya adalah :
Rumah Makan Sayur Asem Betawi H. Mataling, Jl Joglo GG Sayur Asem RT 02/06, Jakarta Barat


Tidak ada komentar: