Rabu, 06 September 2017

London 2017

Ngga pernah kebayang bahwa suatu saat saya akan menginjakkan kaki di benua Eropa. Benua yang dalam imanjinasi saya begitu maju, bersih. indah dan modern. Benua yang begitu banyak memberi pengaruh kepada peradaban dunia setelah peradaban Islam. Dan negara yang saya kunjungi adalah Inggris. Negara yang mempunyai tradisi monarki yang sangat kuat, yang setiap tingkah dan kegiatan anggota keluarga kerajaannya menjadi soroton dunia.

Memang saya tidak lama mengunjungi London, hanya 4 hari .. rasanya itu belum  memberi saya gambaran  tentang kota London. Namun, dari 4 hari menikmati London, saya bisa menarik satu kesimpulan.. London kota yang menarik..

London kaya akan bangunan tua dengan berbagai sejarah yang menyertai. Bangunan-bangunan tua tersebut terawat dengan baik. Maklum saja, karena negeri kerajaan ini sangat menjaga tradisi dan nilai-nilai kerajaan. Selain bangunan tua bersejarah, di London juga banyak sekali patung-patung dari orang-orang yang mencatatkan sejarah bagi Inggris. Di berbagai sudut kota, patung-patung tersebut menghiasai taman, jalan, halaman gedung dan lain-lain.

Sungai Thames yagn terkenal sebenarnya ngga bersih-bersih amat sih. Ngga seperti yang digambarkan pada photo-photo dan gambar di majalah/koran, sungai ini memang besar dan menjadi salah satu urat nadi lalu lintas. Emang sih, ngga seperti sungai di Jakarta yang masih banyak sampahnya, sungai ini airnya ngga jernih, tapi bebas sampah dan di sisinya ngga ada bangunan kumuh. Hampir semua sisi sungai dijadikan area publik sehingga semua bisa menikmati suasana di pinggir sungai.

Bicara soal transportasi, enak banget naik London Underground.. cepat dan  murah. Kita tinggal memahami saja rute yang akan kita tuju, tinggal tunggu di stasiun asal  dan jangan sampe kelewat statsiun tujuan.. simple kan?? Rasanya pingin banget Jakarta segera punya moda transportasi kaya gini..

Memaksimalkan waktu kunjungan yang sangat singkat, saya bela-belain dateng ke Buckhingham Palace, London Bridge, Harrods dan beberapa tempat yang memang cukup terkenal. Sayangnya, semua serba "asal tahu".. namun tidak didalami secara perlahan.. maksudnya dinikmati dengan segala penghayatan.. he..he.. Masih banyak sebenarnya hal lain yang belum sempat saya lihat dan nikmati

Satu hal lagi, kalau mau menikmati indahnya benua Eropa, menurut saya kita mesti jauh ke dalam pedesaannya. Nah di sanalah mungkin kita akan rasakan atmosphire Eropa yang berbeda. Teduh, hijau, biru dan tenang.. sayang nya saya tidak bisa melakukan itu...

Tidak ada komentar: