Salah satu francise Food and Beverage (F&B) yang kehadirannya cukup fenomenal adalah jaringan franchise Mixue yang menjual es krim dan aneka minuman kekinian. Pada awal kemunculannya, sampai ada istilah bahwa jika ada rumah toko (ruko) kosong yang terbengkalai, besoknya pasati sudah berubah jadi gerai Mixue. Ga salah juga sih anggapan tersebut, karena faktanya memang demikian. Beberapa ruko yang telah lama kosong, tak lama kemudian hadir gerai Mixue.
![]() |
Mixeu Ice Cram, yang awal kehadirannya di Indonesia begitu viral |
Tentu pada awal kehadirannya, si Mixue ini viral banget. Antriannya selalu panjang dan kalau pun tidak antri, pasti pembelinya ramai. Hal ini mungkin dikarenakan konsep penjualan es krim yang terbilang baru di Indonesia. Seingat saya, beberapa gerai es krim yang sudah ada, kebanyakan adalah gerai es krim premium, dengan harga yang lumayan mahal untuk masyarakat kebanyakan.
Nah, Mixue hadir menawarkan es krim dengan harga yang terjangkau, gerainya mudah didatangi (tidak di mall), dan dengan porsi yang lumayan banyak. Tentu ini jadi pengalaman baru bagi konsumen es krim, terutama bagi kalangan kelas menengah bawah dan kalangan bawah. Biasanya hanya menikmati es krim kemasan dari merk walls, campina, dan beberapa merek lainnya, kini bisa menikmati es krim dalam porsi dalam wadah gelas. Selain itu, pada gerai Mixue juga disediakan kursi untuk menikmati es krim di ruangan ber AC.
![]() |
Dengan ruang makan yang nyaman, membuat pelanggan betah berlama-lama |
Namun, seiring berjalannya waktu, siklus bisnis serta makin menjamurnya gerai Mixue, beberapa gerai Mixue kini mulai agak sepi. Beberapa sebabnya antara lain karena masyrakat mulai terbiasa dan terlalu banyaknya gerai Mixue yang berdekatan. Gerai Mixue yang menjamur, membuat konsumen mendatangi gerai yang paling dekat dari rumah dengan akses yang lebih mudah. Hal ini membuat gerai Mixue yang jauh dari pemukiman serta yang berada di area bisnis dengan akses parkir menjadi kurang pengunjungnya.
Sepertinya hal tersebut mulai disiasati oleh pengelola franchise Mixue. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan produk baru kekinian yang sesuai dengan selera konsumen serta promo yang menarik. Pada akhir tahun 2024, Mixue mengeluarkan varian baru es krim dengan rasa matcha, yang sepertinya menarik perhatian konsumen.
![]() |
Harus terus berinovasi jika ingin terus bertahan |
Beberapa kali dalam minggu ini saya mendatangi gerai Mixue dan memang kelihatan mulai ramai lagi. Terutama konsumen yang ingin mencoba rasa baru tersebut. Semoga Mixue bisa bertahan ya.. jadi masyarakat kelas bawah mempunyai banyak pilihan untuk menikmati es krim.
Komentar